Kamis, 10 November 2011

Perbedaan email dan halaman web

Awalnya, saya kurang yakin untuk memposting tulisan ini. Tetapi setelah melihat televisi, ternyata masih ada yang belum paham akan perbedaan antara alamat email dan alamat website, jadi saya memberanikan diri untuk menulis artikel ini.

E-mail
E-mail adalah surat elektronik (disingkat surel). Sebagaimana dengan surat tertulis, agar sampai ke tujuan dengan benar, maka surel memiliki sebuah alamat, yang diberi nama alamat surel. (kata "e-mail" sendiri seringkali disebut untuk mempersingkat penyebutan "alamat e-mail") Alamat surel memiliki ciri khas, yaitu penggunaan simbol @ (dibaca [et]). Contoh alamat email: uondre@gmail.com Dari contoh tersebut, dapat dijelaskan bahwa alamat surel terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan (sebelum simbol @) dan bagian belakang (sesudah @). Bagian depan adalah nama khas dari alamat surel, sedangkan bagian belakang adalah nama mesin surel-nya (Inggris: mail server). Bagian belakang inilah yang sering membuat orang bingung membedakan antara alamat web dengan alamat surel.

Website
Website adalah halaman web. Ada juga yang menyebut situs web. Halaman web adalah halaman elektronik. Sebagaimana halaman pada sebuah buku atau majalah, halaman web dapat berisi gambar, tulisan, bahkan video yang berisi informasi, berita, promosi, dan sebagainya. Halaman web pun memiliki alamat web. Alamat web tidak menggunakan simbol @. Alamat web biasanya diawali dengan www (kepanjangan dari World Wide Web), dan diakhiri .com, .org, dan sebagainya. Blog juga termasuk salah satu jenis halaman web, sehingga blog juga memiliki alamat. Blog gratisan, biasanya tidak menggunakan awalan www, melainkan menggunakan nama khas dan diikuti oleh alamat mesin blog, yang dipisahkan oleh simbol [dot]. Contohnya: ultimaramza.blogdetik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar